Sabtu, 13 September 2014

Soekarno Pernah Perintahkan Penghancuran Tugu Obelisk atau Tugu Linggarjati

Dhani Irawan - detikNews
Jakarta - Soekarno pernah berpidato menyinggung tugu berbentuk obelisk yang disebut sebagai tugu Linggarjati. Dalam pidato di sidang pleno Depernas (Bapenas sekarang-red) di Bandung pada 13 Agustus 1960, dia menyebut tugu obelisk itu sebagai tugu Linggarjati, bukan tugu proklamasi.

Dalam pidato yang dikutip dari dokumen Bapenas, Sabtu (13/9/2014) Soekarno meminta tugu itu dibongkar saat 17 Agustus 1960.

"17 Agustus ini, akan saja perintahkan membongkar tugu Linggardjati itu, agar supaja nanti djikalau kita mentjangkul, ajunan tjangkul kita jang pertama, itu berarti bahwa kita di Pegangsaan Timur 56 itu akan mendirikan kita punja tugu proklamasi, persis ditempat dimana dulu proklamasi dibatjakan," tegas Soekarno.

Tak hanya itu saja, Soekarno dahulu juga sempat meminta pembongkaran rumah di Pegangsaan Timur itu. Tugu Proklamasi dahulu merupakan kediaman Soekarno, tempat pembacaan Proklamasi.

"Dan keinginan saja pribadi, sebagai arsitek, ialah supaja gedung jang dinamakan gedung proklamasi itu diratakan dengan muka bumi. Sebaliknja di situ untuk tugu sadja jang mendjulang kelangit 17 meter tinggi, terbuat daripada perunggu, sekelilingnja satu taman jang indah, dimana kita punja anak-anak kita bersenang-senang setiap hari," tutur Soekarno.

Tugu berbentuk obelisk itu masih berdiri kokoh di tempatnya. Di tugu setinggi dua sampai tiga meter dengan puncak berbentuk prisma itu tertempel keterangan, 'Peringatan Satoe Tahoen Repoeblik Indonesia Atas Oesaha Kaoem Wanita Djakarta'. Sementara di sisi sebaliknya ada pula 2 buah ukiran plakat.

Plakat‎ pertama yaitu salinan teks proklamasi yang dibacakan Soekarno pada tanggal 17 Agustus 1945 saat menyatakan kemerdekaan Indonesia. Sementara itu, plakat lainnya berada di bawah plakat itu yang berupa gambar peta wilayah Indonesia yang berupa kepulauan.

Tak jelas informasi mengapa tugu itu dinamai Soekarno tugu Linggarjati. Mungkin saja ada kaitan dengan perundingan antara Indonesia dan Belanda di Linggarjati di kawasan Kuningan dan Cirebon, Jawa Barat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar